MENGATASI HASIL CETAK PRINTER BERGARIS




hasil cetak printer bergaris
Hasil Cetak Bergaris
Banyak pertanyaan dari sobat-sobat saya, Bang Chomel “gimana nih caranya mengatasi cartridge printer saya yang hasil cetaknya tidak sempurna malah bergaris-garis dan kadang warnanya hilang”. Dan saya bilang kalau printer kamu itu perlu di bersihkan atau di deep cleaning kan cartridgenya kemungkinan cartridgenya sudah terkena debu atau tintanya membeku/mengental. Lah…..caranya bagaimana bang??, Oke di postingan kali ini saya akan mencoba memberikan solusinya, langsung ke TKP aja ya.


Pertama :
Buka dokumen Ms.Word, kemudian Klik file lalu pilih Print, cara cepatnya (Ctrl+P). atau bisa juga langsung ke Devices And Printes dari control panel buka aplikasi bawaan printernya lalu klik Setting

Kedua :
Klik properties yang ada di sebelah kanan atas.

Ketiga :
Klik Maintenance lalu pilih Cleaning. Pada saat proses cleaning berjalan cartridge bekerja dengan memompa tinta   untuk menyemburkannya keluar, sehingga dalam proses ini tinta yang membeku/mengental pada lobang kecil akan    dipaksa oleh cartridge untuk keluar. Jika Proses berjalan lancar, maka printer kamu akan pulih normal kembali.
NB : Coba lakukan proses Cleaning ini untuk beberapa kali agar warna tinta keluar sempurna.

Keempat :
Cek hasil cleaning dengan mengklik Nozzle Check yang ada di bagian tab, lalu pilih Print Check Pattern Printer akan bekerja menyemburkan tinta pada kertas dengan semburan warna hitam, merah, biru dan kuning. Jika hasil cetakan warna terputus-putus maka proses cleaning belum sempurna sehingga kita harus mengulanginya lagi.

Kelima :
 Jika cara diatas tidak berhasil, maka kamu perlu mencoba  cara yang kedua yaitu dengan cara klik Deep Cleaning. Proses kerja deep cleaning hampir sama dengan cleaning biasa, yang berbeda adalah dari          tingkat proses kerja, deep cleaning bekerja dengan tingkat hard cleaning. Jika proses deep cleaning telah   dilakukan, jangan lupa kembali lagi test hasil deep cleaning dengan cara klik Nozzle check.
 NB : Lakukan proses Deep Cleaning beberapa kali, hingga warna tinta keluar sempurna.

Apabila dari kelima cara tersebut diatas dan ternyata hasilnya masih juga sama tidak ada perubahan, maka anda bisa mencoba cara lain yaitu cara manual. Caranya manualnya bagaimana : cara manualnya yaitu cartridge harus direndam dengan air hangat sekitar beberapa menit. tujuannya adalah untuk mencairkan tinta yang membeku/mengental pada lubang inkjet/injector cartdridge tersebut.

Tips-tips di atas dilakukan jika hanya kerusakan disebabkan karena tinta yang terlalu lama membeku di cartridge. Untuk menghindari tinta mengental/membeku sebisa mungkin anda harus sering-sering memakai printer tersebut. Setidaknya pakailah untuk mencetak warna/hitam minimal 2 hari sekali dan jangan lupa pula untuk memberikan perawatan berkala pada printer anda terurama pada head cartridgenya.

Oke, saya kira cukuplah tips mengatasi printer bergaris/cetak tidak sempurna kali ini, semoga semoga sobat Bang Chomel bisa memperbaiki sendiri printernya tanpa harus ke tukang services. Semoga tips di atas bisa bermanfaat dan dapat membantu anda dalam mengatasinya. 

“OKE……..SALAM DARI Mr.CHOMEL”