MENGATASI KOMPUTER LAMBAT/LEMOT

cara mengatasi komputer lemot/lambat


Permasalahan komputer ataupun laptop yang lambat dalam bekerja memang seringkali merugikan bagi para penggunanya. Banyak pekerjaan yang tidak kunjung selesai dikarenakan kinerja komputer dan laptop yang sangat lemot. Berikut beberapa tips mengatasi computer lemot.


1. Scan Virus
Penyebab utama dari lemot dan lambatnya komputer kita biasanya memang karena virus, virus bekerja secara life time dan membuat kinerja komputer menurun. Sebaiknya gunakan antivirus terupdate dan scan secara berkala, karena jika tidak sering diupdate maka ada varian baru dari virus.

2. Defrag Hardisk
Proses defrag tidak boleh dianggap remeh karena proses defrag merupakan proses menata dan merapikan suatu objek didalam hardisk sehingga jika kita melakukan defrag maka object yang tersimpan di harddisk akan rapi dan kinerja harddisk menjadi cepat. Maka lakukanlah proses defrag secara berkala, misalnya sebulan sekali agar kinerja komputer sobat menjadi maksimal.

3. Menghapus File/Aplikasi
File-file yang tidak berguna terkadang membuat harddisk kita menjadi lambat karena harddisk kita disesaki oleh file-file yang memang tidak terpakai sehingga file tersebut membuat lambat komputer kita, Untuk itu hapus atau uninstall beberapa aplikasi yang tidak terpakai, karena akan memberatkan computer kita.

4. Update Driver
Dalam beberapa kasus driver yang Mas Broo gunakan expired atau kadaluarsa karena beberapa vendor driver melakukan update pada drivernya, sehingga jika sobat tidak melakukan update driver maka akan banyak sistem yang tidak berjalan dan tidak support yang mengakibatkan lambatnya komputer.

5. Terlalu banyak program yang terinstall
Terkadang kita kurang memperhatikan poin ini, kita sering menginstall software-software yang sekiranya tidak terlalu penting bagi pekerjaan kita. Akibatnya, komputer akan menjalankan banyak sekali program pada saat komputer pertama kali dihidupkan. Jelas ini sangat membebani komputer. Cara mengatasinya sangat mudah, anda bisa uninstall aplikasi yang tidak terlalu penting pada control panel atau mendisable aplikasi tersebut agar tidak berjalan ketika komputer dihidupkan, caranya buka software Ccleaner => pilih tab tool => startup => disable aplikasi yang tidak terlalu penting.

6. Cek dan Ganti Hardware
Hardware juga harus diperhatikan karena hardware yang sudah tua atau sudah soak harus diganti dengan yang baru, contohnya power supply, power supply berjalan secara terus menerus yang terkadang kinerja nya menjadi lambat jika tidak diganti atau dibersihkan. Memory RAM juga harus diperhatikan karena memory RAM juga bagian penting hardware komputer, jika memang sudah soak coba ganti dengan yang baru, jika memang masih bagus digunakan maka bersihkan RAM tersebut agar komputer dapat kembali berjalan secara optimal.

7. Spesifikasi komputer sudah terlalu jadul
Ini adalah kasus yang paling umum. Spesifikasi komputer yang anda gunakan perlu diupgrade agar komputer bisa berjalan lancar. Usahakan komputer anda sudah menggunakan processor dual core dan ram minimal sebesar 2GB.

Demikanlah  sedikit cara untuk mengatasi laptop atau komputer yang berjalan lemot/lambat. Silahkan rawat komputer anda dengan baik, bersihkan komponen kemungkinan kebanyakan debu, jangan install sembarang software karena hanya akan memberatkan komputer, update antivirus secara berkala, upgrade komponen komputer dengan komponen yang lebih baik. Dengan begitu komputer anda akan bekerja secara maksimal dan tidak lemot lagi.

“OKE…..SALAM MAS BROOO”